Z2 便のご利用条件(運送約款)

定義

用語の意味: 本契約において、次に掲げる特定の表現は以下のような意味を持つ。

  • 「手荷物」とは、搭乗者が旅行に関連して携行する個人的所有物を意味する。別途の定めがある場合を除き、手荷物とは、受託手荷物および機内持ち込み手荷物の両方を含む。
  • 「手荷物券」とは、受託手荷物の受取証としてエアアジア(以下、「当社」とする)が搭乗者に発行する書類を意味する。受取証は受託手荷物の輸送に関わる書類であり、手荷物識別票(タグ)を含む。
  • 「手荷物識別票」とは、受託手荷物を識別することを唯一の目的として、当社により発行される書類の事を言う。
  • 「受託手荷物」とは、当社が保管権を有し、手荷物識別票を発行した手荷物を意味する。当該手荷物は、「登録済み手荷物」と言われることもある。
  • 「契約条件」とは、フライト案内書または旅程に含まれている、またはそれらと共に供給される宣言文、宣言文として認められるもの、ならびに参照される本利用条件、および当社の営業所・チェックインカウンターで入手できる通知に組み込まれている宣言文を指す。
  • 「乗り継ぎ時間」とは、 FLY-THRU サービス対象の一便の到着から次便の出発までの時間(90 分から 6 時間)を指します。空港運営者が当社に課した空港制限条件、あるいは運航の要件により、当社は、事前の通知なくフライト乗り継ぎサービスの乗り継ぎ時間を変更する権利を留保します。
  • 「損害」とは、輸送または当社が遂行した輸送に付属するそのほかの業務に起因または関連する、搭乗者の死亡、身体的損傷、遅延、損失、部分的損失、およびそのほかの損害のいずれかを指す。
  • 「電子クーポン券」とは、当社データベースが保有する電子航空クーポン券またはそのほかの有価書類のことを指す。
  • 「電子航空券」とは、当社または当社の代理が発行するフライト案内書または旅程、電子クーポン券、ならびに該当する場合は搭乗書類のことを指す。
  • 「航空クーポン券」とは、「輸送に有効(good for passage)」の注釈があり、かつ搭乗者が輸送される権利が適用される特定の出発地および到着地が示されている航空券の一部、または電子航空券の場合は電子クーポン券の一部を指す。
  • 「FLY-THRU」 とは、第一便の到着時刻から第二便の出発時刻までの時間が乗り継ぎ時間枠内に収まる両便を単一の予約番号でご購入になった時のフライト乗り継ぎサービスを指します。
  • 「搭乗者」、「お客様」、「お客様の」、「お客様自身」とは、当社の同意の下、旅客機で輸送されるまたは輸送される予定の、乗務員を除く全ての人を指す。
  • 「フライト案内書」または「渡航案内書」、 「旅程」、 「旅程表」とは、当社が搭乗者に発行する書類を指し、それには当該搭乗者の氏名、フライトに関する情報、予約番号、契約条件、および通知が含まれている。
  • 「路線」とは、出発地の空港から到着地の空港までの飛行を意味する。
  • 「座席」とは、当社航空機の座席を意味する。
  • 「運賃」、「料金」、および「手数料」とは、電子上または紙面上に公表された当社の航空運賃および手数料・料金を指す。
  • 「航空券」とは、旅程表を指し、 契約条件と通知が記載された当社または当社代理店が発行する電子航空券および電子クーポン券も含む。
  • 「利用条件」とは、本輸送ご利用条件の諸条件を指す。
  • 「機内持ち込み手荷物」とは、受託手荷物以外のあらゆる手荷物を指し、これには搭乗者により航空機客室内に持ち込まれる全ての物品も含まれる。
  • 「当社」はエアアジア・ゼスト社を意味する。
  • 「ウェブサイト」とは、搭乗者がオンライン予約をするため、また当社の情報を入手するために、当社が提供しているウェブサイト www.airasia.com の事を指す。

1.2 見出し: 本利用条件の各条項にある題字や見出しは、便宜上のために過ぎず、本文の解釈に用いられない。

適用性

2.1 総則: 本利用条件は、当社または当社代理により遂行される、搭乗者および手荷物の航空輸送、またはそのほかの(陸海上の運輸を含む)運輸に適用される。本契約はまた、輸送と運輸に関連して当社が負うすべての責任に適用される。

2.2 利用条件の優先: 本利用条件で別に定める場合を除き、本利用条件と、契約条件または特定事項を処理するときに採用されるほかのあらゆる規制、の間で矛盾が生じた場合は、本利用条件が優先されることとする。

2.3 言語: 本契約は英語で作成されたものであり、他の言語に翻訳されている場合でも、本契約の解釈は英語の原文によってのみ行われなくてはならない。

航空券 / フライト案内書

3.1 契約の疎明: フライト案内書は、搭乗者と当社の間で輸送契約が成立した事を推定する証拠である。フライト案内書・旅程、本利用条件、および契約条件(該当する料金を含む)のすべてが、搭乗者と当社の間で締結される輸送契約の条件を構成する。

3.2 譲渡性: 当該輸送契約は、本利用条件および契約条件で規定された場合に限り譲渡可能である。

3.3 有効性: フライト案内書は、それに明記された搭乗者およびフライトに対してのみ有効である。

3.4 身分証明: 当社は、フライト案内書または電子航空券に記載された搭乗者のみに輸送業務を提供する。搭乗者は、チェックイン手続きの際に、適切な身分証明書を提示することが求められる。

運賃

4.1 総則: 料金は出発地の空港から目的地の空港までの運賃のみに適用されます。料金には、特に指定されない限り、空港間や空港と市内ターミナルの間の地上輸送サービスは含まれません。搭乗者がFLY-THRU商品を購入した場合を除き、当社は、2地点間運送を搭乗者に提供するものとし、搭乗者が利用予定の乗継便に関する責任を負いません。つまり、当社は、搭乗者が乗継便に乗り遅れた場合であっても責任を負いかねます。

4.2 乳幼児: 生後9日から2歳(24ヵ月)まで(最初の出発便の日付時点)の乳幼児に対する料金は、料金表に掲載されています。乳幼児が大人の膝に座ることを条件に、当該幼児は旅行が可能となる。大人一人につき、一人の乳幼児のみ乗せることができる。ベビーカーを機内に持ち込むことは禁止する。

4.3 租税、料金、および保険課徴金: 搭乗者が当社のサービスまたは施設を使用することに対して、政府、関連当局、または空港運営者により課されるあらゆる租税、料金、または保険課徴金は、当社の運賃、管理手数料、および料金に上乗せされ、当社が別途特別に定める場合を除き、搭乗者がそれらを負担するものとする。 航空旅行に適用される当該租税、料金、および保険課徴金は、随時変更される可能性があり、搭乗者の予約が確定した日時以降でも課金される場合もある。それにもかかわらず搭乗者は、当該租税、料金、および保険課徴金を、その支払期限に応じて出発前までに支払うこと。租税、料金、および保険課徴金の金額ついては、当社の 料金表を参照のこと。

旅客サービス施設使用料のみ払い戻しが可能。該当の場合、 ご利用日から6ヶ月以内に書面にて申請いただければ、旅客サービス施設使用料の払い戻しが可能。 また払い戻しの際、払い戻し手数料がかかります。

4.4 通貨: 運賃および料金は、当社が別に定める場合を除き、当社が公表している運賃で指定された通貨で支払うこと。

4.5 正確性: 運賃、料金、フライトスケジュール、公開している路線、事前予約された商品、ならびにサービス、これらすべては、公表の時点で正確な情報であり、何時でも、また随時、事前の通知なく変更される場合がある。

4.6 適用運賃: 適用運賃:適用運賃とは、電子的手段またはそのほかの手段によるかは問わず当社または当社代理が発表した運賃のことである。当社が別に定める場合を除き、事務手数料、サービス料、および他の料金は運賃に含まれない。

Pembelian Kursi

5.1 Konfirmasi Booking: Booking untuk Kursi dikonfirmasi setelah pembayaran tarif dilunasi, dan setelah kami memberi Anda nomor booking dan/atau Itinerary. Setelah dikonfirmasi, pembayaran tidak dapat dikembalikan.

5.2 Pembelian Berkelompok: Ini diatur dengan syarat khusus yang dapat berubah dari waktu ke waktu. Silakan hubungi kami untuk penjelasan lebih lanjut.

5.3 Perubahan Penerbangan: Setelah nomor pembelian telah diterbitkan, perubahan penerbangan akan mengikuti ketentuan berikut ini: Dalam empat puluh delapan (48) jam sebelum waktu keberangkatan penerbangan yang dijadwalkan, Penumpang tidak diizinkan untuk melakukan perubahan. Denda perubahan penerbangan diluar dari empatpuluh-delapan (48) jam sebelum jadwal waktu pemberangkatan pesawat tersedia dalam Rincian Biaya, yang harus memenuhi persyaratan-persyaratan di bawah ini:

  • Jika tersedia tarif lebih rendah, maka perbedaan dalam tarif akan dikembalikan kepada Penumpang;
  • Jika harga penerbangan baru yang dibeli lebih tinggi daripada harga penerbangan yang dibatalkan, perbedaan harga harus dibayarkan oleh penumpang tersebut sebelum pembatalan atau perubahan dapat dilakukan;
  • c) Perubahan tidak dikonfirmasi sampai kami mengeluarkan jadwal perjalanan dan/atau nomor pembelian yang baru untuk anda.
  • Perubahan rute penerbangan tidak diijinkan.

5.4 Harga Promosi: Ayat 5.3 mengenai peraturan Perubahan Penerbangan tidak berlaku pada harga promosi pilihan tertentu.

5.5 Pembayaran: Biaya harus dibayar penuh saat dilakukan pembelian. Jika terjadi biaya yang belum dibayar penuh untuk alasan apapun, kami berhak membatalkan pembelian sebelum check-in dan/atau tidak mengijinkan Anda naik ke pesawat.

5.6 Data Pribadi: Dengan ini Anda mengetahui dan setuju bahwa data pribadi Anda telah diberikan kepada kami berguna untuk mengadakan pembelian atas transportasi serta menyediakan bagi Anda konfirmasi dari pembelian tersebut, menyediakan serta mengembangkan fasilitas dan pelayanan tambahan, memfasilitaskan prosedur imigrasi dan ijin masuk, laporan keuangan, tagihan dan audit, memeriksa kartu kredit ataupun kartu pembayaran lainnya, keamanan, fungsi administrasi dan hukum, urusan kartu kredit, sistem uji, perawatan dan perkembangan, analisa statistik, juga membantu kami untuk segala perjanjian dengan Anda di kemudian hari. Untuk tujuan inilah, dengan masuk ke dalam kontrak transportasi bersama kami Anda mengijinkan kami untuk menyimpan ataupun menggunakan data pribadi Anda dan mengirimkannya ke kantor kami, agen yang ditunjuk dan rekan bisnis pihak ketiga, agen pemerintahan, orang lain atau penyedia dari layanan-layanan tersebut di atas.

5.7 Kursi: Kami tidak menjamin dapat menyediakan tempat duduk tertentu di dalam pesawat dan Anda setuju untuk menerima tempat duduk mana pun yang tersedia untuk penerbangan Anda. Anda akan diberi kursi pada saat check-in. Kami berhak untuk mengatur ulang kursi, kapan pun, termasuk setelah Anda masuk ke dalam pesawat. Ini mungkin perlu demi alasan operasional, keselamatan, peraturan pemerintah, kesehatan, atau keamanan.

5.7.1 Permintaan kursi lebih awal (ASR): Ini tergantung pada ketersediaan dan Anda hanya perlu membayar biaya untuk permintaan kursi lebih awal (ASR) sebelum waktu keberangkatan terjadwal. Bacalah Rincian Biaya kami untuk mengetahui biaya ASR. Apabila membeli ASR, kami berhak mengatur atau mengatur ulang kursi kapan saja, bahkan setelah menaiki pesawat. Ini mungkin perlu demi alasan operasional, keselamatan, atau keamanan. Kami tidak menjamin pengaturan ulang kursi yang spesifik, baik di dekat jalan, jendela, baris keluar, atau jenis kursi lainnya. Namun kami akan tetap akan berusaha untuk menepati penempatan kursi. Penumpang tidak boleh pindah kursi ke tingkat yang lebih tinggi di dalam pesawat.

5.7.2 Apabila kapan saja setelah berhasil membeli ASR dan jadwal kami berubah, batal, delay atau digabungkan karena keadaan yang kami anggap berada di luar kendali kami atau untuk alasan komersial atau alasan keselamatan, kami dengan pilihan kami sendiri akan:

  • Membawa Anda di PKT yang sama pada penerbangan yang tersedia berikutnya; atau
  • Membawa Anda di PKT yang nilainya sebanding pada penerbangan yang tersedia berikutnya; atau
  • Membawa Anda di kursi apapun secara acak pada penerbangan yang tersedia berikutnya dimana kami kemudian akan mengembalikan pembayaran PKT Anda.
Pilihan yang dijabarkan di Pasal 5.7.2 ini adalah jalan keluar satu-satunya dan khusus bagi Anda saja, dan kami tidak memiliki tanggung jawab lain kepada Anda dalam hal ini.

5.8.1 Produk-produk dalam pesawat: Penyediaan produk, layanan, atau program iklan dalam pesawat tergantung pada ketersediaannya. Produk atau layanan dalam pesawat tidak dapat ditukar kembali dengan uang atau diberikan kepada orang lain setelah dibeli. Kami tidak menerima pemesanan atau perubahan produk atau layanan dalam pesawat dalam 48 jam dari waktu keberangkatan terjadwal untuk penerbangan ke/dan dari Selandia Baru, Gold Coast (Australia), dan Mauritius, atau dalam 24 jam dari waktu keberangkatan terjadwal untuk semua destinasi lainnya. Kami berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk mengubah/merevisi harga untuk mengganti komponen mana pun untuk produk atau layanan dalam pesawat. Boarding pass adalah bukti pembelian dari produk atau layanan pesanan dalam pesawat dan harus diperlihatkan kepada awak kabin di dalam pesawat untuk mendapatkan produk atau layanan pesanan dalam pesawat. Semua harga dan/atau penghematan yang disebutkan untuk produk atau layanan dalam pesawat yang sudah dipesan sebelumnya sudah benar adanya pada waktu pemesanan.

5.8.2 Hidangan: Pilihan hidangan dapat bervariasi dari waktu ke waktu. Hidangan dapat berisi kacang-kacangan, susu, dan/atau gluten. Kami tidak menerima pemesanan atau perubahan pilihan hidangan dalam 48 jam dari waktu keberangkatan terjadwal untuk penerbangan ke/dan dari Selandia Baru, Gold Coast (Australia), dan Mauritius, atau dalam 24 jam dari waktu keberangkatan terjadwal untuk semua destinasi lainnya. Kami berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk mengubah/merevisi harga atau mengganti komponen mana pun dari hidangan pesanan Anda dengan barang dengan nilai setara tergantung pada ketersediaan dan/atau kecocokan menurut maskapai. Boarding pass adalah bukti pembelian hidangan pesanan dan harus diperlihatkan kepada kru kabin di dalam pesawat untuk mendapatkan hidangan pesanan. Semua harga dan/atau penghematan yang disebutkan untuk hidangan pesanan sudah benar adanya pada waktu pemesanan.

5.9 Asuransi Perjalanan: Karena perjalanan melibatkan banyak resiko, dan pertanggung jawaban kami pada Anda terbatas, kami sarankan Anda untuk berpikir dengan hati-hati soal pembelian asuransi yang meliputi:

  • perubahan rencana perjalanan dan pembatalan perjalanan
  • penundaan, kerusakkan atau kehilangan Bagasi dan/atau milik pribadi
  • Biaya kesehatan yang dikenakan termasuk biaya yang diberlakukan oleh paramedis dalam keadaan darurat di bandara asal atau tujuan.

Check-in dan Persayaratan Pengangkutan Lainnya

6.1.1 Check-In, Tenggat Waktu dan Kondisi: Loket check-in kami buka tiga (3) jam sebelum waktu keberangkatan terjadwal untuk penerbangan Internasional, dan dua (2) jam sebelum waktu keberangkatan terjadwal untuk penerbangan Domestik. Loket akan tutup enam puluh (60) menit sebelum waktu keberangkatan terjadwal untuk penerbangan Internasional, dan empat puluh lima (45) menit sebelum waktu keberangkatan terjadwal untuk penerbangan Domestik. Tenggat waktu check-in mungkin bervariasi di tiap bandara dan untuk penerbangan tertentu. Anda bertanggung jawab memastikan bahwa Anda mematuhi tenggat waktu tertentu yang telah disediakan saat Anda booking. Dalam keadaan apa pun, tanpa melenceng dari generalitas peraturan dalam Syarat & Ketentuan yang mengatur hak menolak naik pesawat, kami juga berhak untuk tidak mengizinkan Anda check in tanpa perlu bertanggung jawab kepada Anda dan tanpa perlu mengembalikan uang Anda:

  • apabila Anda berusaha check in di bawah enam puluh (60) menit sebelum waktu keberangkatan terjadwal untuk penerbangan Internasional, dan empat puluh lima (45) menit sebelum waktu keberangkatan terjadwal untuk penerbangan Domestik*;
  • Jika Anda gagal memiliki identifikasi yang seharusnya atau gagal untuk mengidentifikasi dirii sendiri kepada staff kami;
  • apabila Anda gagal memiliki dokumen (dokumen perjalanan yang rusak tidak akan diterima sebagai dokumen yang valid), izin, visa, kondisi memasuki negara dan lain-lain yang tepat untuk perjalanan atau negara tertentu;
  • belum membayar penuh tarif apa pun atau biaya atau tagihan laim yang harus dibayar kepada kami;
  • apabila Anda bertindak kasar kepada staf kami atau menyebabkan gangguan di loket, atau melecehkan atau mengintimidasi staf kami baik secara fisik atau verbal;
  • Jika Pemerintah atau otorita lain melarang kepergian Anda atau masuk ke pesawat;
  • Apabila dalam keputusan kami, Anda kurang pantas melakukan perjalanan karena sedang mabuk, atau memiliki kondisi fisik atau kesehatan yan buruk; dan/atau
  • Jika menurut kami, Anda tidak sehat secara medis untuk melakukan perjalanan atau kondisi medis Anda memiliki atau bisa saja menyebabkan bahaya atau ancaman bagi kesehatan para penumpang lainnya.

6.1.2 Self Check-in: Kami menawarkan fasilitas self check-in. Fasilitas ini dikenakan persyaratan khusus dan restrisi untuk mengubah setelah melakukan check-in yang dapat dilihat di website kami melalui fitur Self Check-in.

6.1.3 Tidak tersedianya kursi: Ada kesempatan di mana kursi mungkin tidak tersedia bagi Anda di dalam pesawat bahkan setelah Anda mengkonfirmasi booking. Hal ini disebabkan karena praktik umum di industri maskapai pesawat terbang yang disebut overbooking. Apabila kursi tidak tersedia, kami dengan pilihan kami sendiri akan:

  1. mengangkut Anda pada kesempatan tercepat berikutnya dengan layanan terjadwal kami dimana masih tersedia tempat tanpa biaya tambahan dan apabila diperlukan memperpancang validitas pembelian Anda; atau
  2. bila Anda memilih bepergian lain waktu, mempertahankan niai dalam tarif Anda di akun kredit untuk perjalanan Anda selanjutnya, dengan syarat Anda harus memesan ulang dalam jangka waktu 3 bulan setelahnya.

6.1.4 Satu-satunya jalan keluar: Pilihan yang dijabarkan di Pasal 6.1.3 adalah jalan keluar satu-satunya dan khusus bagi Anda saja, dan kami tidak memiliki tanggung jawab lain kepada Anda.

6.2.1 Boarding: Naik ke Pesawat: Anda harus berada di gerbang menuju pesawat (boarding gate) setidaknya sembilan puluh (90) menit sebelum waktu keberangkatan yang dijadwalkan. Gerbang akan ditutup dua puluh (20) menit sebelum keberangkatan. Jika Anda tiba di gerbang menuju pesawat melewati waktu tersebut, Anda tidak akan diizinkan untuk menaiki pesawat.

6.2.2 Penumpang yang telah membeli Kursi Panas di bawah layanan ASR kami akan diberikan prioritas mengantre dari boarding umum; di mana pembeli boleh menaiki pesawat terlebih dahulu. Setelah boarding umum sudah dilakukan, Penumpang yang telah membeli Kursi Panas akan bergabung ke antrean boarding umum.

6.3 Tidak-hadir:Anda harus melakukan check-in tepat waktu dan tiba di gerbang boarding tidak melebihi waktu yang ditentukan oleh kami pada waktu check-in. Apabila Anda gagal melakukan check-in tepat waktu dan naik ke pesawat ketika pesawat sudah berangkat, maka akan mengakibatkan uang yang sudah Anda bayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

6.4 Sikap Patuh: Anda hanya bertanggung-jawab untuk mematuhi semua hukum, peraturan, perintah, permintaan dan persyaratan atas negara-negara yang diterbangi dari, ke ataupun di atas dan dengan Syarat-syarat & Kondisi dari pihak kami, pemberitahuan dan instruksi yang kami berikan sehubungan dengan itu. Kami tidak harus bertanggung-jawab dalam cara apapun kepada Anda berkaitan dengan keiginan Anda untuk menerima dokumen yang diperlukan atau mematuhi hukum, peraturan, perintah, permintaan, pemberitahuan, persyaratan dan instruksi, apakah itu disampaikan secara langsung atau tertulis atau yang lainnya, atau sebagai konsekuensi tindakan Anda yang mengakibatkan kegagalan memenuhi dokumen tertentu atau mematuhi hukum, peraturan, permintaan, pemberitahuan, persyaratan dan instruksi.

6.5 Dokumen Perjalanan: Anda bertanggung-jawab untuk mendapatkan dan harus memiliki dan punya kesediaan untuk presentasi seperti diminta oleh otorita yang sesuai semua ijin dan keluar, dokumen kesehatan dan lainnya yang diminta oleh hukum, peraturan, perintah, permintaan ataupun persyaratan dari negara-negara yang diterbangi dari, ke ataupun di atasnya. Anda juga bertanggung jawab untuk memastikan telah memiliki halaman yang cukup dalam dokumen perjalanan Anda untuk memenuhi persyaratan masuk tujuan. Kami berhak untuk menolak transportasi kepada Penumpang manapun yang belum melengkapi, atau mereka yang dokumennya tidak muncul untuk melengkapi, hukum-hukum yang sesuai, peraturan, perintah-perintah, permintaan atau persyaratan.

6.6 Saran untuk Dokumen

Rute Domestik: Orang dewasa harus menunjukkan salah satu dari dokumen asli berikut untuk semua penerbangan domestik.

  1. Kartu Identitas Malaysia asli (MyKad/ MyKid /MyTentera /MyPR/ MyKAS) dan dokumen sementara lainnya yang dikeluarkan oleh Departemen Pendaftaran Nasional Malaysia
  2. Kartu Badan Penegak Hukum Malaysia asli (PDRM/ SPRM/ ATM)
  3. Akte Kelahiran asli (dikeluarkan oleh Departemen Pendaftaran Nasional)
  4. Kartu asli yang dikeluarkan oleh Kementrian Luar Negeri Malaysia (Diplomatik/ Non Diplomatik/ Konsuler/ Organisasi Internasional)
  5. Paspor asli
  6. Kartu Pelajar asli (Pendatang Asing) yang dikeluarkan oleh Departemen Imigrasi Malaysia - bersama dengan paspor asli
  7. Kartu Identitas Anggota Parlemen Malaysia asli
  8. Kartu Identitas UNHCR asli
  9. Laporan Polisi asli - (hanya berlaku dalam waktu 24 jam)
Untuk penerbangan domestik ke Sabah dan Sarawak, hanya butir (i) hingga (vii) yang diterima.

Anak-anak Malaysia yang bepergian ke Sabah atau Sarawak: Anak-anak di bawah usia 12 tahun akan diperkenankan naik ke pesawat dengan memperlihatkan akte kelahiran asli atau kartu identitas atau Sertifikat Adopsi (Sertifikat Adopsi harus dikeluarkan oleh Departemen Registrasi Nasional Malaysia). Anak-anak berusia di atas 12 tahun diminta untuk memperlihatkan akte kelahiran asli atau Kartu identitas.

Tambahan, kecuali untuk anak-anak warga negara Malaysia yang bepergian ke Sabah dan Sarawak (dengan dokumen perjalanan seperti yang tersebut di atas), akte kelahiran anak atau paspor atau kartu identitas** diperlukan sebelum mereka diperbolehkan untuk menaiki pesawat.

Rute Internasional: Semua penumpang yang berpergian melalui rute internasional harus memiliki paspor yang sah dan paling sedikit masih berlaku untuk enam (6) bulan, serta visa yang sah dan sesuai. Penumpang dalam kategori ini juga harus memiliki tiket kembali dalam perjalanan keberangkatan mereka. Jika Anda membeli produk FLY-THRU kami, Anda bertanggung-jawab untuk memastikan diri memenuhi persyaratan memasuki tempat tujuan terakhir Anda.

* Kartu identitas diakui sebagai alat identitas yang berlaku hanya di negara yang mengeluarkannya.
** Kartu identitas berikut ini adalah yang dianggap berlaku untuk anak-anak: Mykid untuk Malaysia, KTP Nasional Thai untuk Thailand dan Kartu Keluarga untuk Indonesia.
*** Di bawah pasal ini memperlihatkan paspor asli dianggap sebagai alat identifikasi yang berlaku.

6.7 Penolakkan atas Ijin Masuk: Anda setuju untuk membayar biaya yang sesuai dan/atau penalti atau denda kapanpun kami, atas perintah Pemerintah atau kuasa imigrasi, diharuskan untuk mengembalikan Anda ke tempat asal atau tempat lainnya, dikarenakan ketidakmampuan Anda untuk masuk ke suatu negara, entah sekedar persinggahan ataupun tujuan. Di dalam situasi seperti ini kami tidak akan mengembalikan biaya penerbangan untuk Anda.

6.8 Tanggung Jawab Penumpang atas Denda, Biaya Penahanan, dll: ika kami diminta untuk membayar atau memberikan deposit pada segala denda atau penalti atau untuk mengeluarkan biaya oleh karena Anda tidak mengikuti hukum, peraturan, perintah, tuntutan, atau persyaratan perjalanan lainnya dari negara tempat keberangkatan, ketibaan, atau transit Anda, atau memberikan dokumen yang dibutuhkan, atau untuk memberikan segala perawatan medis termasuk layanan paramedis bila terjadi keadaan darurat di bandara keberangkatan dan ketibaan.

6.9 Inspeksi Keamanan: Anda harus menerima pemeriksaan kesehatan atau keamanan oleh Pemerintah atau petugas bandara atau oleh kami.

Penolakan dan Pembatasan Pengangkutan

7.1 Hak untuk Menolak Mengangkut: Kami mungkin akan menolak mengangkut Anda atau barang bawaan Anda untuk alasan keamanan atau di dalam melakukan penilaian yang sewajarnya, kami memutuskan bahwa:

  • tindakan itu perlu dilakukan untuk alasan keselamatan atau keamanan;
  • tindakan seperti ini diperlukan untuk mematuhi hukum, regulasi atau perintah yang dapat diberlakukan dari suatu negara bagian atau negara yang akan diterbangi atau dilewati;
  • tindak-tanduk, status, usia atau mental atau kondisi fisik atau kondisi fisik bagasi Anda seperti:
    1. dapat mencelakakan orang lain atau kru kami; atau
    2. bahwa Anda mungkin dapat membahayakan diri sendiri, orang lain atau properti milik kami;
  • anda telah melakukan perbuatan tidak menyenangkan pada penerbangan sebelumnya dan terdapat kemungkinan perbuatan seperti itu akan terulang kembali;
  • anda tidak mematuhi, atau sepertinya akan gagal mematuhi instruksi kami;
  • anda menolak melakukan cek keamanan;
  • jumlah tarif yang harus dibayar atau biaya atau pajak lainnya belum dibayar;
  • pembayaran untuk tiket Anda bernuansa penipuan;
  • anda tidak memiliki dokumen yang sah untuk melakukan perjalanan;
  • pembelian Kursi kami telah dilakukan melalui penipuan atau perbuatan melanggar hukum atau telah dibeli dari seseorang yang tidak diberi wewenang oleh kami;
  • kartu kredit yang Anda gunakan untuk membayar tiket, telah dilaporkan hilang atau dicuri;
  • jadwal perjalanan, pembelian atau Tiket Elektronik adalah palsu atau diperoleh secara menipu;
  • orang yang check in atau proses boarding tidak dapat membuktikan bahwa dia adalah orang yang bernama seperti penumpang dalam Itinerary (kami berhak menyimpan Itinerary ini dalam keadaan seperti ini); dan/atau

7.2 Anak yang Sendirian: Anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak akan diterima untuk diangkut kecuali bila ditemani oleh orang yang berusia minimal 18 tahun.

7.3 Penumpang dengan kondisi kesehatan/sulit bergerak: Demi alasan keselamatan, AirAsia Inc. hanya dapat membawa maksimal 4 penumpang dengan kesulitan bergerak* khusus untuk tuna daksa hanya dibatasi tidak lebih dari 2 orang per penerbangan. Di bawah kondisi tertentu, kami mungkin akan mewajibkan penumpang untuk bepergian bersama dengan seorang pendamping. Bacalah 7.3.1 (Bepergian bersama Pendamping).

* “Keterbatasan gerak” mengacu pada penumpang dengan kondisi paraplegic atau quadriplegic.

Kami menerima kursi roda/alat bantu gerak (termasuk kursi roda/alat bantu gerak tenaga baterai) dalam penerbangan kami, tertunduk pada Pasal 8.5 di bawah ini. Kami telah menyediakan informasi lebih lanjut mengenai bagaimana kursi roda/alat bantu gerak Anda akan diangkut dalam Situs Web kami.

Kecuali ditentukan sebaliknya oleh kami, penumpang dengan kondisi medis/penyakit diwajibkan memberi surat keterangan medis yang valid bertanggal tidak lebih dari sepuluh (10) hari dari tanggal perjalanan dan menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban Terbatas pada saat check in untuk mengkonfirmasi bahwa mereka cukup sehat untuk bepergian. Demi keselamatan penumpang lainnya kami berhak menolak penumpang yang menderita penyakit menginfeksi, menular, atau kronis untuk menaiki pesawat sesuai dengan kebijakan kami.

Penumpang dengan kebutuhan khusus yang memerlukan bantuan khusus dan penumpang dengan kondisi kesehatan/penyakit termasuk penumpang yang memerlukan bantuan memberikan atau membawa obat/suntikan di atas pesawat perlu memberitahu kami via chat web langsung atau menghubungi pusat panggilan kami setidaknya 48 jam sebelum waktu keberangkatan terjadwal untuk mengatur bantuan khusus yang diperlukan. Penumpang yang memerlukan bantuan kursi roda perlu mem-booking dengan cara biasa atau melalui Manage My Booking setidaknya 4 jam sebelum waktu keberangkatan terjadwal. Apabila Anda gagal memberitahu kami tentang bantuan khusus atau layanan kursi roda, dan layanan tidak disediakan setelah kedatangan Anda di bandara dan dapat membuat Anda ditolak untuk naik pesawat. Untuk alasan kesehatan dan keselamatan, penumpang dengan kebutuhan khusus harus check-in di bandara.

7.3.1 Bepergian dengan pendamping: Kami mungkin meminta Anda bepergian dengan pendamping, bila:

  • sangat penting untuk alasan keamanan; atau
  • Penumpang tidak dapat membantu evakuasinya sendiri dari pesawat; atau
  • Penumpang tidak dapat memahami instruksi keselamatan.

7.3.2 Penempatan kursi: Kami akan membuat akomodasi pengaturan tempat duduk yang layak untuk orang-orang dengan keterbatasan gerak atau dengan permintaan khusus sesuai hukum yang berlaku. kami berhak untuk mengatur kembali tempat duduk di saat kapan pun, termasuk setelah melakukan boarding. Hal ini sangat diperlukan untuk alasan operasional, keamanan, peraturan pemerintah dan alasan keamanan atau kesehatan.

7.4 Penumpang Hamil: Penumpang yang sedang hamil berkewajiban memberitahukan kepada kami kondisi kehamilannya pada saat melakukan pemesanan kursi dan di konter check-in. Para penumpang yang sedang hamil dan terbang bersama kami harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Kehamilan hingga 27 minggu (inklusif): Tamu harus menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban Terbatas Philippines AirAsia pada saat melakukan check-in to membebaskan Philippines AirAsia dari pertanggungjawaban yang timbul dari hal tersebut.
  • Kehamilan antara 28 minggu hingga 34 minggu (inklusif):
    1. Penumpang harus menyerahkan surat keterangan medis yang disahkan dokter.
    2. Surat keterangan medis dari dokter harus mengesahkan jumlah minggu kehamilan dan surat keterangan tersebut bertanggal tidak boleh lebih dari tiga puluh (30) hari baik dari tanggal keberangkatan penerbangan keluar maupun masuk yang dijadwalkan seperti yang mungkin terjadi.
    3. Tamu harus menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban terbatas Philippines  Philippines AirAsia pada saat melakukan check-in to membebaskan  AirAsia dari pertanggungjawaban yang timbul dari hal tersebut.
  • Kehamilan dimulai sejak 35 minggu ke atas: penumpang tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan bersama Philippines AirAsia.

7.5 Bayi usia 8 hari/atau di bawahnya: Kali memiliki hak untuk tidak mengangkut bayi yang berusia delapan (8) hari atau kurang dari itu. Kami mungkin bersedia membawa bayi seusia itu apabila pengangkutan ini dilakukan dengan surat tertulis resmi dari dokter dan setelah orangtua dari bayi menandatangani Pernyataan Pertanggung-jawaban Terbatas.

Bagasi

8.1 Barang-barang yang tidak dapat diterima sebagai Bagasi atau boleh dibawa sebagai Bagasi: Kami berhak menolak membawa bagasi atau benda-benda tersebut sebagai bagasi, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Benda-benda yang tidak dikemas secara benar di dalam kopor atau wadah lain yang sesuai agar memastikan keamanannya untuk diangkut dengan cara pengangkutan yang biasa;
  • Barang-barang yang kemungkinan membahayakan keselamatan pesawat atau manusia atau properti di atas pesawat dan/atau didefinisikan sebagai barang berbahaya di bawah Peraturan Barang Berbahaya dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional ( International Civil Aviation Organization-ICAO), Asosiasi Transportasi Udara Internasional ( International Air Transport Association-IATA), atau Syarat & Ketentuan kami serta Ketentuan Kontrak.
  • Benda-benda yang tidak diperkenakan dibawa menurut hukum, regulasi atau perintah dari negara bagian atau negara keberangkatan, negara yang disinggahi dan negara kedatangan;
  • Benda-benda yang menurut penilaian kami yang sewajarnya tidak cocok dibawa karena berat, bentuk, ukuran atau karakternya;
  • Benda-benda yang mudah pecah atau rapuh;
  • Binatang hidup atau mati;
  • Sisa-sisa jasad manusia atau hewan;
  • Makanan produksi laut yang segar atau dibekukan atau jenis daging lain, diperkenankan dibawa masuk sebagai barang bawaaan yang ditenteng dengan tangan, hanya apabila kami merasa puas terhadap cara pengepakannya yang sempurna. Hanya styrofoam dan/atau kotak pendingin yang mengandung makanan kering/tidak mudah hancur yang boleh dimasukkan sebagai bagasi setelah menjalani pemeriksaan oleh otoritas terkait. Bila penumpang menolak melakukan inspeksi kami berhak untuk menolak menerima barang bawaan/bagasi tersebut.;
  • Senjata dan amunisi;
  • Bahan peledak, gas yang mudah terbakar atau tidak terbakar (seperti cat aerosol, gas butana, pengisi lighter) gas yang dibekukan (seperti silinder aqualung yang diisi, nitrogen cair), cairan yang mudah terbakar (seperti cat, thinner, pelarut) bahan padat yang mudah terbakar (seperti korek api, lighter api), peroksida organik (seperti resin), racun, bahan yang menginfeksi (seperti virus, bakteria), bahan radioaktif (seperti radium), bahan korosif (seperti asam, alkali, merkuri, termometer), bahan magnetis, bahan pengoksidasi (seperti pemutih). rokok elektronik.
  • Senjata seperti pistol antic, pedang, pisau atau benda-benda sejenis mungkin dapat diberlakukan sebagai bagasi tercatat berdasarkan wewenang penuh kami untuk alasan yang sangat khusus. Benda-benda ini tidak dapat dibawa masuk ke dalam pesawat untuk alasan apapun.

8.2 Benda Berharga dan Mudah Rusak: Penumpang sangat disarankan untuk tidak memasukkan barang-barang seperti itu ke dalam bagasi. Bila pada akhirnya dimasukkan ke dalam bagasi, penumpang setuju untuk mengirim benda tersebut ke dalam pengangkutan dengan risiko sendiri. Benda-benda tersebut termasuk uang, perhiasan, logam berharga, piranti perak, alat elektronik, komputer, kamera, peralatan video, surat-surat negosiasi, sekuritas atau benda-benda berharga lainnyadan dokumen identifikasi lainnya, surat perjanjian, artifak, manuskrip dan sejenisnya.

8.3 Hak untuk Memeriksa: Untuk alasan keselamatan dan keamaan, kami dapat meminta Anda untuk melalui penggeledahan, sinar-x, atau jenis pemindaian lainnya pada diri Anda atau Bagasi Anda.

8.4 Penyimpanan dan pengangkutan bagasi Terdaftar: Saat bagasi yang harus dicatat dikirimkan kepada kami, kami akan mengambil alih bagasi tersebut dan akan mengeluarkan Kartu Penanda Bagasi untuk setiap bagasi yang dicatatkan. Bagasi tercatat harus bertuliskan nama Anda atau identifikasi personal lainnya yang dilekatkan dengan baik ke atasnya. Bagasi tercatat akan diangkut bersama dengan Anda, kecuali bila kami memutuskan atas alasan keselamatan, keamanan atau operasional akan membawanya dengan penerbangan lainnya. Bila bagasi Anda diangkut dengan pesawat berikutnya maka kami akan mengantarkannya kepada Anda dalam jangka waktu yang sepantasnya setelah pesawat tersebut tiba, kecuali hukum yang berlaku mengharuskan Anda untuk hadir dan mengurus pabean.

8.5 Biaya dan Batas berat Bagasi Terdaftar: Biaya bagasi ditarik untuk membawa Bagasi Terdaftar, yang akan ditarik dalam tarif yang diberi diskon apabila dibeli pada saat booking atau hingga 4 jam sebelum jadwal keberangkatan terjadwal di loket Check-in bandara. Anda dapat membeli Bagasi Terdaftar di awal dengan syarat minimum 15kg untuk penerbangan domestik dan 20kg untuk penerbangan internasional. Penumpang apa pun yang mendaftarkan bagasi yang melebihi jumlah yang dibeli pada saat booking akan ditarik biaya per kg di loket Check-in bandara. Bacalah Rincian Biaya kami untuk rincian semua tarif. Biaya ini tidak dapat dikembalikan dan tidak dapat diserahkan kepada orang lain.

Kereta bayi, kursi roda manual, alat bantu gerak* dan kruk berjalan akan dibawa secara gratis dengan syarat alat-alat tersebut dibawa sendiri oleh penumpang.

* Berat maksimum untuk kursi roda atau alat bantu gerak yang dioperasikan dengan baterai adalah 85 kg.

Tidak tersedia jatah bagasi untuk bayi, walaupun kereta dorong dapat dibawa masuk dengan gratis.

Penumpang tidak boleh menggunakan Bagasi Terdaftar yang belum dipakai milik penumpang lain kecuali bepergian dalam Itinerary yang sama. Penumpang yang mem-booking di dalam Itinerary yang sama namun tidak ikut pergi tidak boleh memindahkan bobot Bagasi terdaftar yang belum dipakai kepada Penumpang(-penumpang) lain di dalam Itinerary yang sama. Demi alasan kesehatan dan keselamatan, Maskapai tidak akan menerima barang satuan yang melebihi 32 kg dan/atau dengan dimensi total lebih dari tinggi 81cm, panjang 119cm dan lebar 119cm. Batas berat ini tidak berlaku untuk alat bantu gerak*.

Peralatan olahraga dapat dibawa ke dalam pesawat setelah membayar tarif yang ditetapkan dalam Rincian Biaya dan risiko ditanggung oleh penumpang. Karena itu, Anda dianjurkan untuk mengasuransikan barang-barang tersebut. Peralatan musik yang melebihi ukuran bagasi kabin kami, yang mana beratnya kurang dari 75kg, dapat diangkut di dalam kabin apabila satu tempat duduk telah dibeli dan tarif yang sesuai dan telah lunas dibayar. Tidak ada jatah bagasi yang berkaitan dengan pembelian kursi tambahan.

* Tanpa mengesampingkan hal tersebut di atas, Anda dinasehatkan untuk membuat pengaturan terlebih dahulu untuk pengangkutan alat bantu gerak Anda dengan menggunakan kargo secara terpisah jika alat bantu gerak (termasuk kursi roda tenaga baterai) Anda tidak muat melalui pintu kargo pesawat kami (Dimensi: 140cm (panjang) x 140cm (lebar) x 100cm (tinggi)), atau tidak dapat diangkut dengan pesawat kami karena alasan membahayakan kesehatan, keselamatan pekerja dan/atau peraturan setempat.

8.5.1 FLY-THRU:

  • Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghindari penundaan pemberangkatan Anda dan bagasi Anda.
  • Bayaran bagasi lebihan dan/atau bayaran lain yang berkaitan mesti dibayar untuk kedua-dua sektor di tempat permulaan.

8.6 Bagasi Tidak Terdaftar: Penumpang (kecuali bayi) diperbolehkan membawa 2 (dua) Bagasi Tidak Terdaftar yang mematuhi Ketentuan Pengangkutan yang dijelaskan dalam pasal ini masuk ke dalam pesawat.

Bagasi Tidak Terdaftar dapat berupa gabungan dari 2 (dua) barang seperti berikut:: 1 (satu) bagasi kabin atau 1 (satu) tas laptop atau 1 (satu) tas tangan atau 1 (satu) tas kecil.

1 (satu) Bagasi Kabin
- TIDAK BOLEH melebihi ukuran 56cm (T) X 36cm (L) X 23cm (P)
- ARUS MUAT dalam ruang penyimpanan di atas kepala di kabin pesawat.

1 (satu) tas Laptop atau 1 (satu) tas tangan atau 1 (satu) tas kecil:
- TIDAK BOLEH melebihi ukuran 40cm (T) X 30cm (L) X 10cm (P)
- HARUS MUAT di bawah kursi di depan anda.

HARUS MUAT di bawah kursi di depan anda.

Semua bagasi kabin yang kami anggap melebihi berat atau ukuran atau bersifat menyinggung akan dilarang masuk pesawat dan penumpang disarankan untuk mendaftarkan barang-barang tersebut sebagai Bagasi Terdaftar di konter Check-in Bandara sesuai dengan Pasal 8.5, bila tidak, kami berhak mendaftarkan 'Bagasi' tersebut sebagai Bagasi Terdaftar sebelum naik pesawat sesuai dengan tarif bagasi pintu yang dapat dibayar di pintu keberangkatan (baca Rincian Tarif kami).

Sesuai hukum dan peraturan setempat yang berlaku secara umum, penumpang diizinkan membawa cairan ke pesawat di dalam tas tangan apabila memenuhi batasan berikut ini:

  • Cairan dimasukkan dalam wadah dengan volume maksimal 100ml
  • Semua wadah cairan yang memenuhi volume maksimal masing-masing 100ml tersebut dapat masuk ke dalam kantong plastik transparan 1 liter yang dapat ditutup kembali. Kantong plastik harus ditunjukkan secara terpisah pada pihak keamanan. Anda mungkin diminta untuk membuang cairan, yang tidak memenuhi ketentuan di atas.

8.7 Pengambilan dan Pengantaran Barang: Anda dapat mengambil Bagasi Anda begitu tersedia di tempat pengambilan di tempat tujuan. Bila Anda tidak mengambilnya dalam jangka waktu yang wajar dan bagasi tersebut harus disimpan di tempat kami, kami akan mengenakan biaya penyimpanan. Bila Bagasi yang didaftarkan tidak diambil dalam jangka waktu 1 (satu) bulan yang disediakan untuk Anda, kami mungkin akan membuangnya tanpa memiliki kewajiban apa pun kepada Anda. hanya pemegang Kartu Penanda Bagasi yang diberikan kepada Penumpang pada saat mendaftarkan Bagasi yang berhak untuk mengambil Bagasi.

Apabila Penumpang yang mengambil Bagasi tidak dapat memperlihatkan bukti berupa Kartu Penanda Bagasi, kami akan memberikan Bagasi tersebut kepada penumpang apabila dia telah memperlihatkan bukti-bukti kepemilikannya kepada kami. Bila diminta oleh kami, penumpang tersebut harus menyediakan pengamanan yang cukup agar kami terhindar dari tanggungjawab apabila terjadi kerugian, kerusakan atau biaya sebagai akibat dari pengantaran bagasi tersebut oleh kami. Penerimaan Bagasi oleh pemegang Kartu Penanda Bagasi tanpa komplain pada waktu pengantaran adalah bukti bersifat prima facie bahwa Bagasi tersebut telah diantarkan dalam kondisi bagus dan sesuai dengan kontrak pengangkutan di antara kita.

Jadwal, Pembatalan

9.1 Jadwal: Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk menghindari keterlambatan dalam mengangkut Anda beserta bagasi Anda. Kami akan berusaha keras untuk menepati jadwal-jadwal yang dipublikasikan pada tanggal perjalanan. Namun, waktu yang tercantum dalam daftar perjalanan, jadwal atau di mana pun tunduk pada perubahan kapan pun dan kami tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun atas kerugian yang menimpa penumpang sebagai akibat dari perubahan tersebut.

9.2 Pembatalan, Perubahan Jadwal: Kapan pun setelah dilakukan pemesanan, perubahan, pembatalan, pengalihan, penundaan, penjadwalan ulang dan/atau keterlambatan penerbangan apa pun dapat terjadi karena keadaan di luar kendali kami atau alasan keamanan atau alasan komersial. Dalam hal pembatalan penerbangan ini, atas kebijakan yang ada, kami akan:

  • mengangkut Anda pada kesempatan tercepat berikutnya dengan layanan terjadwal kami dimana masih tersedia tempat tanpa biaya tambahan dan apabila diperlukan memperpancang validitas pembelian Anda; atau
  • bila Anda memilih bepergian lain waktu, mempertahankan niai dalam tarif Anda di akun kredit untuk perjalanan Anda selanjutnya, dengan syarat Anda harus memesan ulang dalam jangka waktu 3 bulan setelahnya.

9.2.1 FLY-THRU: Jika penundaan atau pembatalan/penjadualan ulang penerbangan kami menyebabkan Anda tak dapat melanjutkan penerbangan FLY-THRU yang sudah Anda pesan dan konfirmasikan, Anda akan berhak mendapatkan hal-hal berikut:

Bila penerbangan Anda tertunda di tempat asal:: Perpindahan gratis ke penerbangan selanjutnya yang tersedia ke tujuan Anda ke waktu terhubung.

Bila penerbangan lanjutan ditunda: Gratis pengalihan ke penerbangan Terusan berikutnya yang tersedia, selama dalam waktu terhubung kami.

Bila penerbangan baru tidak sesuai dengan waktu terhubung atau bila Transfer Penerbangan selanjutnya yang tersedia adalah di keesokan harinya, kami tidak akan menyediakan hal-hal berikut ini:

  • Akomodasi siang hari atau menginap
  • Transportasi di darat
  • Penyimpanan bagasi terdaftar Anda. Anda diminta untuk mengambil bagasi Anda di titik transit dan melakukan pencatatan ulang untuk penerbangan selanjutnya.

9.3 Penggantian tunggal: Terkecuali Konvensi-konvensi yang berlaku diberlakukan, pilihan-pilihan yang digariskan dalam Pasal 9.2. (a), (b) dan (c) bersifat tunggal dan penggantian tunggal tersedia untuk Anda

Tingkah Laku di Atas Pesawat

10.1 Jika dalam pendapat kami yang beralasan, Anda berada di pesawat akan membahayakan pesawat atau orang lain atau properti di pesawat, atau mengganggu atau menghalangi kru dalam melakukan tugas mereka, atau gagal mengikuti petunjuk dari kru termasuk tapi tidak terbatas pada mereka yang merokok, menggunakan alkohol, menggunakan telepon seluler, atau menggunakan kata-kata mengancam, melecehkan, atau menghina terhadap awak pesawat atau penumpang atau bersikap yang mengakibatkan ketidaknyamanan, kerugian, atau cedera kepada penumpang lainnya atau awak pesawat, kami dapat mengambil tindakan yang kami anggap perlu untuk mencegah berlanjutnya perbuatan tersebut termasuk penahanan.

10.2 Jika sebagai akibat perbuatan Anda kami memutuskan, dalam melaksanakan pertimbangan kami yang beralasan, untuk mengalihkan arah pesawat dengan tujuan untuk mengeluarkan Anda, maka Anda harus bertanggung jawab atas semua biaya yang akan kami bayar sebagai akibat dari apa pun hasil yang terjadi dari pengalihan tersebut.

10.3 Demi alasan keamanan, kami boleh melarang atau membatasi pengoperasian peralatan elektronik di atas pesawat, termasuk namun tidak membatasi pada, telepon seluler, komputer jinjing, alat rekam portabel, radio portabel, alat pemutar cakram, mainan elektronik atau perangkat pemancar, termasuk mainan yang dikendalikan radio dan walkie-talkie. Pengoperasian alat bantu dengar dan pacu jantung diperbolehkan.

10.4 Tarif kami tidak termasuk makanan dan minuman gratis di kapal. Namun, Anda dapat memesan makanan 24 jam sebelum waktu keberangkatan yang dijadwalkan atau membelinya di atas kapal. Untuk menghormati semua budaya dan agama kami tidak mengizinkan makanan luar dibawa ke pesawat.

Dilarang merokok dalam bentuk apa pun pada penerbangan kami, termasuk rokok elektronik.

Barang-barang tahan lama seperti cokelat, biskuit dan keripik diperbolehkan di dalam kabin, asalkan tidak untuk dikonsumsi di atas kapal.

Barang-barang yang tidak tahan lama adalah barang yang akan rusak jika disimpan dalam kondisi tertentu, misalnya perubahan suhu atau kelembaban. Barang yang mudah rusak seperti nasi, mi, dan roti isi tidak diperbolehkan berada di dalam kabin, dan harus dibuang oleh tamu.

Buah-buahan diperbolehkan berada di kabin kapal, asalkan dikemas dan disegel dengan baik, dan tidak untuk dikonsumsi di atas kapal. Harap dicatat bahwa durian, nangka, dan buah-buahan berbau tajam yang telah dilarang bersama untuk berada dalam kabin pesawat tidak diperbolehkan, baik pada kabin maupun bagasi pesawat.

Pembatasan Tanggung Jawab

11.1 Pemberitahuan Konvensi Montreal, Warsawa: Jika perjalanan penumpang meliputi destinasi akhir atau berhenti di negara selain negara keberangkatan, Konvensi Warsawa atau Konvensi Montreal akan diberlakukan, dan dalam sebagian besar kasus, Konvensi Warsawa atau Konvensi Montreal akan membatasi tanggung jawab maskapai atas kematian dan cedera badan dan hal-hal sehubungan dengan kehilangan atau kerusakan bagasi. Penumpang bertanggung jawab untuk memahami dan/atau membiasakan diri dengan Konvensi Warsawa atau Konvensi Montreal.

11.2 Pemberitahuan Pembatasan Pertanggungjawaban Bagasi: Pertanggungjawaban terhadap kerugian, keterlambatan, kerusakan dari bagasi dibatasi kecuali nilai yang tertinggi dinyatakan di awal, dan dilakukan pembayaran tambahan. Pertanggungjawaban terhadapi perjalanan domestik dan perjalanan internasional berbeda-beda, tergantung hukum yang berlaku.

11.3 Apabila Konvensi Warsawa Tidak Dapat Diberlakukan: Ketika Konvensi Warsawa tidak dapat diberlakukan terhadap barang bawaan Anda, maka berlaku aturan-aturan di bawah ini:

  • Segala tanggung jawab kami untuk Kerusakan akan dikurangi karena kelalaian pada pihak Anda yang mengakibatkan atau memengaruhi terjadinya Kerusakan sesuai dengan hukum yang dapat diberlakukan.
  • Kami tidak bertanggung jawab untuk Kerusakan pada Bagasi Terdaftar dan Bagasi Tidak Terdaftar kecuali Kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian kami dan Bagasi tersebut berada dalam kontrol atau penyimpanan kami.
  • Kecuali dalam tindakan atau penghentian yang dilakukan dengan sengaja untuk menyebabkan Kerusakan atau dilakukan secara sembrono dan tahu pasti bahwa Kerusakan tersebut mungkin akan terjadi, tanggung jawab kami dalam hal Kerusakan pada Bagasi Terdaftar dan Bagasi Tidak Terdaftar harus dibatasi hingga sejumlah biaya yang disediakan dalam daftar Tarif. Apabila berat Bagasi tidak dicatat pada Label Identifikasi Bagasi, dapat diasumsikan bahwa total berat Bagasi Terdaftar tidak melampaui jatah bagasi gratis yang berlaku untuk kelas kabin terkait. Untuk Bagasi Terdaftar, nilai yang lebih tinggi akan ditulis sesuai dengan fasilitas penaksiran tambahan, tanggung jawab kami terbatas pada nilai yang dinyatakan lebih tinggi.
  • Kami tidak akan bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi karena i kepatuhan kami terhadap dengan hukum atau peraturan Pemerintah yang berlaku dan peraturan atau akibat kegagalan Anda untuk mematuhi hal yang sama
  • Kecuali terdapat ketentuan khusus lainnya yang dibuat dalam Syarat & Ketentuan ini, kami bertanggung jawab kepada Anda hanya untuk membayar ganti rugi atas kerugian yang bisa dibuktikan dan biaya-biaya yang timbul sesuai dengan hukum yang berlaku.
  • Kami tidak bertanggung jawab atas Kerusakan yang diakibatkan oleh Bagasi Anda. Anda harus bertanggungjawab atas kerusakan yang diakibatkan oleh Bagasi Anda terhadap barang, properti orang lain, termasuk properti kami.
  • Kami tidak bertanggung jawab atas Kerusakan apa pun yang terjadi terhadap barang-barang atau benda-bena yang tidak diperkenankan untuk dibawa dalam Bagasi yang didaftarkan atau Bagasi yang tidak didaftarkan, termasuk tetapi tidak terbatas pada barang pecah belah atau barang mudah rusak, benda-benda yang bernilai khusus, seperti uang, perhiasan, logam berharga, komputer, alat elektronik pribadi, surat-surat negosiasi, sekuritas dan atau barang berharga lain, dokumen bisnis, paspor atau dokumen identifikasi lain, seperti perjanjian atau sampel.
  • Kami tidak bertanggung jawab terhadap penyakit atau ketidakmampuan apa pun, termasuk kematian yang terkait dengan kondisi fisik Anda atau karena perkembangan buruk dari kondisi seperti itu.
  • Kontrak pengangkutan termasuk Syarat dan Ketentuan ini dan memisahkan atau membatasi tanggungjawb yang berlaku untuk agen terotorisasi kami, pelayan, pegawai dan perwakilan kami dalam batasan serupa yang mereka berlakukan pada kami. Jumlah total yang dapat diperoleh dari kami dan dari agen terotorisasi, pelayan, pegawai dan perwakilan seperti itu tidak boleh melampaui jumlah dari tanggungjawab Anda sendiri.
  • Syarat dan Ketentuan ini tidak akan menghilangkan pengecualian atau pembatasan tanggung jawab kami menurut Konvensi Warsawa atau Konvensi atau hukum lainnya yang berlaku kecuali telah dinyatakan secara jelas oleh kami.

Batas Waktu untuk Mengajukan Keluhan dan Tindakan

12.1 Pemberitahuan tentang keluhan: Penerimaan Bagasi oleh pembawa Label Identifikasi Bagasi tanpa keluhan pada saat penyampaian adalah bukti cukup bahwa Bagasi telah diantarkan dalam kondisi baik dan sesuai dengan Kontrak Pengangkutan kecuali Anda membuktikan sebaliknya.

12.2 Limitation of actions: Segala hak yang berkenaan dengan kerugian akan dianggap hilang jika tidak ada tindakan yang diajukan terhadap kami dalam waktu dua (2) tahun sejak tanggal kedatangan di tempat tujuan, atau tanggal pada saat pesawat dijadwalkan datang, atau tanggal di mana pengangkut dihentikan.

Modifikasi dan Tidak Memberlakukan

13.1 Tidak seorang pun dari agen, pengawai atau representatif kami yang memiliki hak untuk mengubah, memodifikasi atau tidak memberlakukan Syarat dan Ketentuan ini.

Last update: 29 August 2017